Apa itu Kayu Hati Ungu? Properti, Karakteristik & Penggunaan

  • Whatsapp
Purpleheart Wood Pendant Stratomi Shutterstock

Kayu Purpleheart adalah spesies kayu keras eksotis yang banyak digunakan untuk berbagai proyek indoor dan outdoor. Ini dipuji karena kualitasnya yang padat dan warna ungu yang indah, menjadikannya spesies kayu favorit di pasar. Sifatnya yang eksotis membuat kayu ini unik dan bagus untuk proyek kerajinan seperti alat musik.

Karena sangat tahan lama dan kuat, itu juga sangat baik untuk furnitur dan lantai. Mari kita lihat beberapa kegunaan dan karakteristik lainnya di bawah ini.

Pembagi 4

Apa itu Kayu Hati Ungu?

Kayu hati ungu—sering disebut sebagai bayam, kayu ungu, dan peltogin—adalah kayu keras tropis yang berasal dari Amerika tengah dan Selatan. Ini tumbuh subur di iklim tropis, paling sering di hutan hujan Amazon tetapi juga di daerah tropis Amerika Tengah. Ini terkenal dengan rona ungunya yang menakjubkan, yang awalnya abu-abu pucat tetapi berkembang menjadi ungu tua terong seiring bertambahnya usia kayu.

Kayu keras tropis ini telah digunakan selama beberapa dekade hanya karena kekuatan dan daya tahannya yang luar biasa. Kayu hati ungu sangat kuat dan kokoh sehingga dianggap sebagai salah satu yang terbaik di pasaran dalam hal kepadatan.

Kayu Hati Ungu
Kredit Gambar: domnitsky, Shutterstock

Properti Kayu Hati Ungu

Tekstur

Pola butir ungu hati biasanya lurus, meskipun ada kasus bergelombang atau saling mengunci. Pola urat yang rapi dan lurus membuat jenis kayu ini sangat baik untuk lantai, dinding, dan furnitur.

Penampilan

Heartwood of purpleheart berwarna ungu keabu-abuan dan coklat saat baru dipotong, tetapi dalam beberapa hari, warnanya berubah menjadi ungu tua. Semakin tua pohonnya, semakin gelap warnanya, jadi Anda biasanya dapat menemukan kayu cokelat tua dengan hanya sedikit warna ungu. Anda dapat mengurangi perubahan warna dengan menggunakan lapisan penghambat UV, karena paparan sinar UV yang sering juga dapat mempengaruhi warna kayu.

Perlawanan

Purpleheart sangat tahan lama dan sangat baik dalam menahan pembusukan dan pembusukan. Meskipun purpleheart hebat dalam mengusir serangga seperti hama dan rayap, ia rentan terhadap penggerek laut.

Kekerasan

Purpleheart memiliki kepadatan dan kekuatan yang sangat baik. Kekerasannya paling baik diukur menggunakan skala Janka, yang memberi peringkat ungu pada hati 1860.

Kemungkinan untuk dilaksanakan

Kayu hati ungu agak sulit untuk dikerjakan. Ini membocorkan resin lengket dan lengket yang dapat menyumbat alat dan membuat komplikasi lebih lanjut saat menggunakan alat yang memotong dan memanaskan kayu.

Toksisitas

Meskipun reaksi alergi kayu hati ungu jarang terjadi, beberapa reaksi dapat terjadi, seperti iritasi mata dan kulit atau mual.

Liontin Kayu Keras Ungu Hati Persegi Panjang Buatan Tangan
Kredit Gambar: Stratomi, Shutterstock

Karakteristik Kayu Hati Ungu

Nama ilmiah: Peltogini sp
Keluarga: Fabaceae
Jenis kayu: Kayu Keras Tropis
Asal: Hutan hujan tropis Meksiko dan Brasil selatan
Warna: Ungu kecoklatan
Tinggi pohon: 100-170 kaki
Diameter batang pohon: 3-5 kaki
Berat rata-rata saat kering: 56 lbs
Peringkat kekerasan Janka: 1860

Untuk Apa Kayu Purpleheart Digunakan?

Kayu hati ungu sangat dipuji di pasar kayu karena daya tahannya, asalnya yang eksotis, dan daya tarik visualnya. Kayu hati ungu biasanya digunakan untuk membuat furnitur, panel, dan lantai yang tahan lama. Ini juga digunakan untuk elemen struktural seperti kolom, lengkungan, lantai industri, konstruksi berat, dan bahkan dalam pembuatan kapal. Purpleheart adalah kayu yang sangat diminati, meskipun tetap mahal, dengan harga yang terus meningkat.

Kayu keras tropis ini juga sangat dihargai untuk membuat alat musik, seperti gitar akustik atau biola, meskipun tidak begitu umum di industri itu.

Beberapa kegunaan umum kayu purpleheart lainnya meliputi:

  • Pegangan alat
  • Veneer dekoratif
  • Dekorasi dalam dan luar ruangan
  • Pembangunan jembatan
  • Proyek konstruksi luar ruangan yang berat
  • tangga

Pembagi Kayu

Pikiran Akhir

Purpleheart adalah kayu keras eksotis yang menarik yang sangat serbaguna dan praktis digunakan. Ini dapat berfungsi sebagai dukungan struktural tetapi juga dapat dibuat menjadi alat musik dan produk kayu khusus lainnya. Kayu hati ungu terkenal dengan teksturnya yang halus dan warna ungu yang indah, menjadikannya kayu eksotis favorit untuk furnitur tahan lama. Sifatnya membuatnya mahal di pasaran, tetapi tetap sangat populer.


Kredit Gambar Unggulan: Stratomi, Shutterstock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.