Apakah Asuransi Pemilik Rumah Menjamin Penebangan Pohon?

  • Whatsapp
Man Cutting Tree Using Chain Saw Andrew Angelov Shutterstock

Hampir semua pemilik rumah baru prihatin dengan spesifikasi yang tercakup dalam polis asuransi mereka. Hal ini terutama menjadi perhatian utama bagi orang-orang yang tinggal di dekat daerah berhutan lebat dan khawatir tentang kerusakan yang akan ditimbulkan oleh salah satu pohon jika jatuh menimpa properti mereka. Bagaimana jika pohon tetangga menimpa properti Anda? Anda mungkin berpikir jawaban ya atau tidak sederhana sudah cukup, tetapi itu tidak semudah itu.

Pembagi Pohon & Tanaman

Apakah Penebangan Pohon Tercakup?

Itu tergantung. Jika Anda hanya ingin pohon ditebang begitu saja, kemungkinan besar tidak. Namun, “pembersihan kerusakan pohon” sering dimasukkan ke dalam polis asuransi pemilik rumah standar. Penghapusan pohon ditanggung oleh polis asuransi pemilik rumah tetapi harus jatuh dalam keadaan tertentu tertentu. Itu tergantung pada bagaimana pohon ditebang dan kerusakan seperti apa yang disebabkan oleh pohon itu. Cakupan biasanya mencakup pemindahan puing-puing pohon yang jatuh pada struktur yang diasuransikan dan perbaikan yang diperlukan serta pembersihan puing-puing. Pertanggungan Anda mungkin juga mengganti Anda untuk mengganti pohon tumbang hingga batas yang ditentukan jika bahaya spesifik yang menyebabkan pohon tumbang ditanggung.

Namun, ada situasi di mana memindahkan pohon yang tumbang adalah tanggung jawab pemilik rumah. Ini karena biayanya terlalu tinggi atau terlalu rendah sehingga tidak masuk akal untuk mengajukan klaim, atau perusahaan asuransi Anda tidak akan membayarnya. Either way, mengetahui kapan asuransi Anda dapat menutupi biaya penebangan pohon dan kapan mereka tidak akan membantu Anda membuat keputusan saat memilih polis asuransi.

Perlindungan Asuransi Rumah
Kredit Gambar: Rawpixel.com, Shutterstock

Kapan Asuransi Pemilik Rumah Mencakup Penebangan Pohon?

Umumnya, asuransi pemilik rumah mencakup pemindahan pohon tumbang atau kerusakan akibat kejatuhan, hanya jika jatuh pada struktur yang tertutup. Ketika penebangan pohon ditanggung, perusahaan asuransi membayar polis hingga batas tertentu untuk menebang pohon dan memperbaiki/membangun kembali struktur yang rusak. Namun, ada pertimbangan khusus, seperti yang terlihat di bawah ini.

1. Kerusakan dari Named Perils

Polis asuransi tipikal mencakup kerusakan yang disebabkan oleh bahaya yang disebutkan. Bahaya ini adalah peristiwa yang menyebabkan kerusakan pada rumah dan terdaftar sebagai “tertanggung” pada polis. Bahaya umum yang terkait dengan kerusakan pohon termasuk petir, api, asap, dan benda jatuh seperti berat salju, es, atau hujan es.

Bahaya juga termasuk vandalisme dan kerusakan yang disebabkan oleh pesawat. Dalam sebagian besar polis asuransi pemilik rumah standar, jika sebuah pohon tumbang di properti Anda karena bahaya ini, asuransi menanggung biaya pemindahan pohon dan puing-puingnya.


2. Jika Pohon Jatuh pada Struktur yang Diasuransikan

Umumnya, jika pohon tumbang di rumah atau bangunan tertutup lainnya di properti Anda dan menyebabkan kerusakan, asuransi pemilik rumah harus menanggung pemindahan dan perbaikan pohon, baik pohon yang tumbang itu ada di properti Anda atau tidak. Namun, dalam skenario ini, mungkin ada beberapa perdebatan mengenai perusahaan asuransi siapa yang harus membayar penebangan pohon dan kerusakan terkait.

Jika pohon yang tumbuh di halaman belakang Anda jatuh di rumah Anda, perusahaan asuransi harus membayar kerusakan dan penebangan pohon. Namun, jika pohon itu tumbuh di properti tetangga Anda, perusahaan asuransi Anda mungkin mencoba menghubungi perusahaan asuransi tetangga Anda untuk memenuhi biaya dalam proses yang disebut subrogasi. Dalam skenario seperti itu, Institut Informasi Asuransi (III) menyarankan agar Anda bahkan mendapatkan penggantian untuk pengurangan Anda.

Memotong Pohon Dengan Gergaji Mesin Memakai Helm Dan Visor
Kredit gambar: Parilov, Shutterstock

3. Penggantian Pohon dan Semak

Ini juga merupakan faktor yang menentukan apakah perusahaan asuransi akan menanggung penggantian pohon dan semak atau hanya pemindahan pohon. Itu tergantung pada kata-kata spesifik dari kebijakan Anda.

Kebijakan standar mencakup biaya penggantian pohon tumbang selama pohon tersebut rusak oleh bahaya yang disebutkan seperti kebakaran, petir, atau perusakan. Namun, beberapa kebijakan mengecualikan penggantian pohon dan semak jika angin atau air menyebabkan keruntuhan.

Jadi, Anda perlu berbicara dengan agen Anda untuk mengkonfirmasi rincian kebijakan mengenai biaya penggantian pohon tumbang.

Pembagi Pohon & Tanaman

Kapan Penebangan Pohon Tidak Ditanggung Asuransi Rumah?

1. Jika Tidak Ada Kerusakan pada Struktur Tertutup Anda

Seperti disebutkan sebelumnya, biaya penebangan pohon tidak akan ditanggung oleh asuransi jika disebabkan oleh fenomena yang tidak disebutkan dalam bahaya yang ditanggung. Itu juga tidak mencakup apa pun yang tidak termasuk dalam kategori struktur tertutup di properti Anda. Jika pohon atau cabang-cabangnya mendarat dengan tidak berbahaya di halaman Anda, kemungkinan besar Anda akan menanggung sendiri biaya pemindahan dan pembersihannya. Hal yang sama berlaku jika pohon yang ditumbangkan oleh bahaya yang disebutkan berakhir di properti Anda tetapi tidak merusak struktur tetap yang tertutup.

Pria Memotong Cabang Pohon
Kredit Gambar: Piqsels

2. Jika Pohon Anda Jatuh Karena Kelalaian

Asuransi pemilik rumah hanya akan menanggung risiko yang tiba-tiba dan tidak disengaja. Ini termasuk peristiwa seperti badai angin, kebakaran, dan badai petir. Bahaya ini ditanggung karena kejadian biasanya tidak terduga, dan pemilik rumah tidak dapat mempersiapkan dengan baik kerusakan parah yang disebabkan oleh tumbangnya pohon yang sehat dan dewasa.

Namun, ada situasi tertentu di mana perusahaan asuransi mungkin menentukan bahwa kerusakan dapat dicegah. Pohon tua yang sekarat cenderung tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi karena pemilik rumah bertanggung jawab untuk merawat semua tanaman di properti mereka.

Selain itu, pohon mati sangat rentan terhadap kebakaran dalam badai angin, sehingga perusahaan asuransi berpendapat bahwa masalah tersebut dapat diramalkan dan dicegah. Oleh karena itu, pemilik rumah harus berusaha untuk mengikuti pemeliharaan pohon sepanjang tahun.


3. Jika Pohon Jatuh Akibat Banjir, Gempa Bumi, atau Tanah Longsor

Sebagian besar perusahaan asuransi pemilik rumah tidak akan menanggung kerusakan yang disebabkan oleh banjir, gempa bumi, atau tanah longsor. Peristiwa ini umumnya tidak dianggap sebagai bahaya yang ditanggung. Sebaliknya, mereka memerlukan cakupan tambahan yang mungkin merupakan persyaratan hipotek untuk pemilik rumah yang tinggal di daerah berisiko tinggi. Jadi, jika sebuah pohon tumbang di rumah selama peristiwa ini, perusahaan asuransi Anda kemungkinan akan menolak klaim pertanggungjawaban.

Pohon Tumbang Karena Badai
Kredit Gambar: WoodysPhotos, Shutterstock

4. Jika Anda Hanya Ingin Pohon Ditebang Hanya Karena

Kadang-kadang Anda mungkin ingin menghapus pohon untuk menciptakan ruang untuk membangun beberapa struktur baru di halaman Anda, atau pohon itu hanya menjadi merusak pemandangan. Dalam skenario seperti itu, asuransi Anda tidak akan menanggung biaya pemindahan pohon dari properti Anda. Pemilik rumah harus memenuhi biaya melalui sarana mereka.


5. Jika Pohon Anda Jatuh di Milik Tetangga Anda

Umumnya, sebagian besar perusahaan asuransi tidak menanggung biaya penebangan pohon jika pohon di properti Anda tumbang secara alami dan merusak struktur tetangga Anda. Namun, Anda asuransi tetangga dapat menutupi klaim jika Anda menebang pohon itu sendiri atau mengetahui pohon itu mati atau membusuk.

Pohon Tumbang Di Rumah
Kredit Gambar: inray27, Shutterstock

Pembagi Pohon & Tanaman

Berapa Banyak Asuransi Pemilik Rumah Akan Membayar untuk Penebangan Pohon?

Meskipun pemindahan pohon ditanggung oleh sebagian besar polis asuransi pemilik rumah, jumlah yang ditanggung sangat bervariasi antar perusahaan asuransi. Mereka mungkin membayar jumlah yang ditetapkan, persentase dari batas kebijakan, atau jumlah per pohon. Biaya yang ditanggung perusahaan asuransi untuk penebangan pohon biasanya dibatasi hingga 5% dari pertanggungan pada struktur. Jumlahnya juga bisa antara $500–$1.000 per pohon, tergantung pada polis spesifik yang dibeli.

Jika Anda memiliki banyak pohon dewasa yang tumbuh di halaman belakang Anda, pertimbangkan untuk memilih batas yang lebih tinggi untuk asuransi yang dibutuhkan perusahaan Anda. Namun, Anda harus membayar pengurangan asuransi perusahaan sebelum polis membayar untuk penebangan pohon. Mempertimbangkan jumlah pohon yang perlu ditebang dan total biaya usaha, Anda mungkin menyadari bahwa lebih masuk akal secara finansial untuk memenuhi pengeluaran dari saku Anda daripada membuat klaim asuransi.

Pemotongan Kayu Pohon Dengan Gergaji Mesin
Kredit Gambar: soykast, Pixabay

Pembagi Pohon & Tanaman

Kesimpulan

Sebagai pemilik properti, Anda perlu memahami apa yang dicakup oleh asuransi Anda. Mereka dapat membantu Anda untuk membangun kembali atau memperbaiki kerusakan jika terjadi bencana alam. Asuransi pemilik rumah dapat mencakup pemindahan pohon, tetapi ini akan tergantung pada kerusakan yang disebabkan oleh pohon dan apa yang menyebabkan pohon itu tumbang.

Semua hal dipertimbangkan, Anda mungkin menemukan bahwa mungkin lebih mudah untuk membayar dari saku Anda karena, setelah dikurangkan, perusahaan asuransi hanya dapat membayar sejumlah kecil yang tidak cukup untuk memenuhi biaya pemindahan pohon dan perbaikan kerusakan. Mereka bahkan mungkin menolak klaim tanggung jawab Anda. Untungnya, Anda selalu dapat mengajukan banding untuk klaim asuransi yang ditolak. Tetapi pastikan Anda membaca cetakan kecil untuk menentukan apakah pohon seharusnya sudah ditutupi.


Kredit Gambar Unggulan: Andrew Angelov, Shutterstock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.